Kulineran Archive

Beberapa Informasi tentang Restoran di Perancis

Sama laiknya dengan aturan maupun tata krama di dalam sebuah negara, tentunya hal tersebut berlaku juga buat restoran-restoran di Perancis yang perlu anda perhatikan seandainya saat ini atau ke depan memiliki rencana bertandang ke negara tersebut.

Hal tersebut dimaksudkan agar kita pun tahu bagaimana perilaku di dalam restoran yang ada di Perancis sebagai cara mereka dalam bersopan santun. Nah ini dia yang perlu diperhatikan!

  • Jam buka restoran

Berbeda halnya dengan kondisi restoran di Indonesia, rerata rumah makan disana ada jam operasional bagi makan siang dan makan malam yang berbeda dengan waktu jeda diantara jam makan tersebut, restoran akan tutup.

Kebanyakan untuk jam buka di makan siang berada pada rentang pukul 12.30 -14.30 dan khusus makan malam dibuka kembali pada pukul 19.00 – 23.00/

Yang menarik adalah, biasanya untuk harga menu di makan siang jauh lebih murah ketimbang menu yang untuk makan malam sehingga bagi anda yang dalam kondisi on budget tentu saja disarankan memilih makan siang.

tipikal resto perancis

  • Etika umum di restoran

Tatkala masuk di restoran sebaiknya anda menanyakan kepada pelayan penerima tamunya untuk tentang tempat yang tersedia atau masih harus menunggu sampai ditunjukkan meja yang sudah disiapkan.

Setelah memperoleh tempat duduk, anda akan ditawarkan menu dan biasanya ditanyakan langsung apa mau pesan aperitif, sejenis minuman yang dihidangkan sebelum makanan utama. Selanjutnya akan ditanyakan lagi menu pesanan lagi bisa satuan atau course meal.

Biasanya restoran di Perancis punya pilihan menu spesial yang bisa anda tanyakan langsung ke pelayannya.

Etika lain yang perlu anda perhatikan adalah ketika harus memanggil pelayan (waiter), jangan sekali-kali melambaikan tangan seperti biasanya kita lakukan disini karena itu dianggap gak sopan.

Alih-alih melakukan hal tersebut cukup bilang saja “excusez-moi” ketika mereka ada di dekat meja anda. Selain itu di meja biasanya ada roti dan air mineral yang gratis dimakan, kecuali air yang ada di dalam botol.

Mayones dan saos pun biasanya ada diberikan jika anda minta ke waitersnya, karena biasanya tidak disediakan di meja.

Btw, ini ada video mengenai beberapa frasa yang bisa dipelajari ketika memesan menu di restoran ala perancis:

  • Pembayaran dan tips

Untuk kebanyakan restoran di negara ini anda bisa menggunakan layanan pembayaran dengan kartu kredit atau uang tunai.

Khusus untuk pembayaran credit card, perlu diperhatikan ada beberapa kafe kaecil memiliki jumlah nominal tertentu agar bisa menggunakan pembayaran dengan kartu kredit, besarannya kisaran 10-15.

Anda tak perlu khawatir melakukan transaksi dengan kartu kredit di negara ini karena ada hukum yang mengatur bahwa dalam transaksi, kartu tersebut tidak boleh berada diluar pengawasan konsumen.

Sehingga yang kerap dilakukan oleh pekerja restoran di perancis dengan membawa mesin pembayaran nya ke meja anda.

Khusus buat pemberian tips bukanlah sesuatu yang diwajibkan. Kebanyakan dari restoran tersebut sudah menyertakan jasa pelayanan yang termasuk diantaranya tips buat pelayan restoran. Toh kalaupun anda ingin memberikan tips tambahan bisa langsung menggunakan uang tunai saja ke pramusaji yang bersangkutan.

Dengan beberapa informasi terkait hal-hal yang (mungkin) belum anda ketahui diatas tentunya tidak menghalangi untuk menjajal jenis makanan favorit ala Perancis bukan, karena dijamin pasti enak.

Anda hanya perlu lebih banyak mencari informasi lainnya seputar kuliner di negara menara Eiffel tersebut agar bisa memperoleh yang lebih komprehensif. Semoga artikel ini bermanfaat ya dan selamat berjalan-jalan dengan orang yang cintai 😊

Makanan Ala Perancis yang Nampol Banget

Siapa yang gak tahu negara Perancis? Selain terkenal akan maskot nya berupa menara Eiffel, khusus bagi penggemar kuliner pastinya akan mengiyakan jika mendengar makanan dari negara ini sudah populer akan rasa lezat dan cara penyajiannya yang menawan.

Nah, anda mau tahu makanan apa saja yang menjadi rekomendasi paling menarik untuk dicicipi tatkala membicarakan kuliner tentang Perancis yang diakui oleh para chef jadi salah satu golongak kuliner yang menantang. Yuk simak disini!

Makanan Perancis yang Anda Harus Coba

  1. Croissant

croissant

Salah satu jenis makanan yang asli Perancis ini merupakan kuliner yang paling mendunia, terlebih lagi hampir semua toko bakery menawarkan croissant. Karena itu masuk dalam kategori roti.

Berasal dari makna “bulan sabit”, Croissant kerap dibuar dengan bermacam varian rasa seperti coklat, keju maupun almond. Bagi anda yang paham tentang roti asli nya disana pasti akan menemukan aroma yang khas serta sensasi rasa mentega yang kuat sehingga memang layak dibilang roti paling mendunia.

  1. Crepes

crepes

Yang selanjutnya tentusaja Crepes dengan makin banyaknya kita jumpai pedagang yang menjajakan dari kelas pinggir jalan hingga rumah makan ternama menjadi bukti bahwa jenis makanan yang ini juga sangat populer.

Dengan anke isian yang bisa dipilih seperti ham, coklat, es krim, telur membuat jenis kulier ini bisa dijadikan sebagai menu utama atau penutup, tinggal pilih saja.

  1. Beef Bourguignon

beef bourguignon

Kalo anda familiar dengan rendang asli padang, nah untuk masakan khas Perancis yang ini memang kurang lebih seperti itu, bedanya mungkin ada di proses peebusan dagingnya yang menggunakan anggur merah sehingga gak heran rasanya khas.

Bagi mereka yang menggemari Beef Bourguignon ini di negara asalnya rela ngantri loh untuk bisa mendapatkan kelezatan yang mewah ala rendang Perancis, hehe..

  1. Foie Gras

foie gras

Untuk jenis kuliner satu ini termasuk makanan yang tertua di Eropa namun banyak yang menggemari, karena sejak jaman raja-raja di abad pertengahan, Foie Gras sangat populer.

Biasanya untuk makanan ini hanya tersedia di restoran bintang lima, pasalnya bahan baku yang dipakai adalah hati angsa yang dijadikan sebagai pasta. Maka tak heran jika harga yang dibanderol untuk bisa mencicipi makanan inipun bisa dibilang cukup mahal.

Namun sepadan koq dengan rasa yang lezat nan gurih baik itu disajikan dalam bentuk goreng, panggang ataupun bakar apalagi dicocol dengan saus khas dari negeri aslinya, Perancis. Wah!

  1. Escargot

escargot

Nah, untuk yang terakhir ini masuk juga dalam jajaran makanan khas perancis yang wajib dicoba, meskipun terbuat dari bekicot. Namanya Escargot.

Bagi kebanyakan anda pasti akan mengernyitkan dahi mendengar ini, namun jangan salah karena kalo diolah secara tepat akan menghasilkan masakan nan lezat yang bikin ketagihan, hehe..

Jika anda mau tahu cara mengolahnya dengan cara dicampur mentega serta bawang putih, dan dengan kandungan bekicot yang tinggi protein, asam amino serta vitamin B2 yang amat bagus untuk kesehatan tentunya mengkonsumsi escargot ini layak dicoba bukan?

Itu loh setidaknya ada 5 jenis makanan khas Perancis yang direkomendasikan untuk anda cicipi. Lebih seru lagi tentunya kalau anda datang langsung ke negara asalnya dan mencicipi langsung disana, bisa juga simak informasi tentang restoran di negeri Perancis.

Namun kalau masih belum memungkinkan bisa juga koq mencari di restoran-restoran khusus menu Perancis yang bisa anda temukan di kota-kota besar Indonesia. Selamat hunting!

Ajaklah Istri Jalan-Jalan Agar Memperoleh Kebaikan Hidup

Tahukah anda? Ternyata seorang suami yang ikhlas dan bahagia untuk mengajak jalan-jalan istrinya bakal mendapatkan pahala yang besar, hehe.. Hal tersebut adalah salah satu cara menjaga kehangatan dalam rumah tangga.

Mungkin saja saat ini anda belum tahu sama sekali kalau ternyata dengan membuat istri bahagia yang salah satunya mengajak jalan-jalan adalah suatu usaha untuk mendapatkan ladang pahala yang besar.

Bahkan di dalam ajaran Islam, besar pahala yang diperoleh bagi seorang suami yang menemani istrinya jalan-jalan dapat melebihi dari pahala iktikaf di Masjid Nabawi yang dilakukan sebulan penuh. Wow!

Sampai sekarang banyak yang berpikir bahwa menemani orang terdekat untuk mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari adalah hal yang hanya berbalas ucapan terimakasih saja.

Padahal faktanya keikhlasan yang dilakukan akan diganjar dengan pahala besar lebih dari yang dipikirkan.

Mau tahu, Rasullulah SAW sudah bersabda demikian:

“Sungguh aku berjalan bersama seorang saudara (muslim) di dalam sebuah keperluan lebih aku cintai daripada aku beriktikaf di dalam masjid ku (masjid Nabawi) ini selama sebulan.”
(HR. Ath-Thabarani)

Selain itu Syaikh Muhammad bin shalih Al-Ustaimin rahimahullah juga mengatakan hal berikut ini:

“Menunaikan kebutuhan kaum muslimin lebih penting dari pada iktikaf, oleh sebab manfaatnya yang akan lebih menyebar, manfaat ini lebih baik ketimbang manfaat yang terbatas (untuk diri sendiri). Kecuali perkara yang wajib dalam Islam (misalnya shalat wajib).”

Sekarang bayangkan, mendapatkan ganjaran yang melebihi pahala karena beriktikaf di Masjid Nabawi selama sebulan penuh. Mulia sekali bukan jika anda ikhlas mengantarkan, terutama istri, jalan-jalan menyenangkan hatinya.

cara membahagiakan istri

Apalagi jika dilakukan secara ikhlas kepada istri sebagai seseorang yang berhak dibahagiakan suaminya selama ini.

Mengajak istri jalan-jalan berdua untuk melepaskan lelah dan penat setelah bergelut dengan urusan di rumah selama ini tentunya merupakan momen yang sangat indah.

Mulailah Membahagiakan Istri

Jika anda belum mencobanya silahkan dimulai dari sekarang karena tidak ada salahnya untuk sejenak menitipkan anak-anak di kakek nenek nya dan anda berdua bersama istri menyambangi tempat-tempat asyik berdua saja.

Datanglah ke tempat-tempat yang bisa memberikan suasana romantis sehingga membangkitkan kenangan indah sewaktu masih awal-awal merajut cinta.

Rekomendasi tempat yang romantis untuk dilewati bersama istri tentu saja salah satunya restoran Perancis yang tidak hanya memiliki menu makanan yang bercitarasa tinggi namun juga suasana romantis yang disajikan.

Biasanya jika seorang istri sudah dipenuhi kebutuhannya dengan kebutuhan romantisme akan membawa manfaat positif kedalam kehangatan dan keharmonisan keluarga.

Tambah sayang dengan suami, menjadi ibu yang baik di mata anak-anak dan membuat suasana di dalam keluarga ibarat surga. Tak ketinggalan juga kehangatan di ranjang pun akan makin bertambah. Buktikan saja.

keharmonisan suami istri

Btw, kalau anda memiliki masalah di atas ranjang, terutama dalam hal durasi yang terlalu singkat, bisa mulai lah menggunakan Foredi agar bisa mengimbangi hasrat istri dalam kerinduannya mendapatkan jatah biologis dari suaminya.

Sedikit tambahan informasi bahwa produk Foredi ini berupa gel yang dioles ke alat vital agar nantinya seorang pria bisa lebih lama dalam melakukan performanya ketika hubungan suami istri. Resmi BPOM jadi aman.

Nah, kembali lagi ke membahagiakan istri, mulailah dengan membawanya jalan-jalan, memberikan sukacita dan kedamaian agar kehangatan cinta di dalam keluarga terus membara.

Berikut ini apa yang telah disabdakan juga oleh Rasullulah SAW:

“Orang yang imannya paling sempurna diantara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istri-istrinya.” (HR At-Thirmidzi)

Maka dari itu mengutamakan istri ketimbang teman-teman adalah hal yang hakiki. Perhatikanlah kebutuhan seorang istri dan anak-anak sebab mereka sangat berhak memperoleh kebaikan dari suami dan ayah.

Jadi, sekali lagi, kalau anda mau memperoleh ganjaran pahala yang lebih besar dari iktikaf di Masjid Nabawi selama sebulan penuh, ajaklah Istri jalan-jalan penuhi kebutuhannya dan rumah tangga anda pun akan penuh dengan keharmonisan. InsyaAllah..

Restoran Khas Eropa di Bandung yang Rekomended

Sebagai orang Bandung, saya melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana pertumbuhan tempat kuliner di kota ini berkembang demikian pesat. Bisa Anda bayangkan, setiap bulan selalu muncul restoran baru yang menawarkan aneka menu khusus untuk mennyambut pelancong di Bandung?

Tapi dari sekian banyak tempat makan yang bermunculan itu, hanya beberapa tempat saja yang menyajikan menu otentik asli Eropa secara konsiten. Terang saja karena penggemar masakan ala Eropa ini tidak sebanyak menu masakan lainnya.

Nah, berikut ini saya berikan informasi 4 tempat makan yang memiliki menu khas dari Eropa, dan sebaiknya segera Anda coba:

  1. Welfed

Kalo rerata pemilik restoran akan menjadikan pusat kota sebagai lokasi nya, maka untuk restoran Welfed ini bisa dibilang melawan arus, yakni berada di lokasi jalan Sersan Bajuri yang memiliki jarak 30 menit dari pusat kota dengan kendaraan.

welfeld

Yang cukup menarik bahwa restoran ini menyatu dengan Gedong Putih, yang sering dipakai untuk menggelar resepsi pernikahan.

Dengan dukungan tempat yang memiliki desain klasik nan elegan, selain itu juga lokasinya yang berada di area perbukitan menjadikan udara dingin akan sering hinggap di kulit. Tapi tenang saja di restoran Welfed sudah disediakan syal hangat di masing-masing kursi pengunjungnya.

Untuk menu bisa saja tak terlalu banyak, namun yang patut diingat adalah citarasanya yang sangat lezat semisal, steak ikan kod, black angus dan hati angsa (Foie Gras) memiliki bentuk sajian dan citarasa tingggi.

Kalo Anda penasaran mau menyambangi tempat ini silahkan datang ke Villa Triniti No. 88, di bilangan jalan Sersan Bajuri. Website: gedongputih.com

  1. Royal Stag Bistro

Restoran yang satu ini juga salah satunya yang konsisten menyajikan menu khas Eropa, dan jika Anda sedang di Bandung saya sangat merekomendasikan datang kesini.

Pasalnya, disini lebih spesifik menyediakan menu kuliner ala Inggris yang tentunya masih awam di sebagian besar orang, terutama yang belum pernah bertandang ke negara tesebut.

Berlokasi di Jalan Bukit Dago Utara, dan memiliki desain interior unik khas Eropa menjadikan tempat ini sangat ikonik bernuansa Inggris, tak pelak karena pemilik restoran teresbut diketahui cukup lama menetap di Inggris, sehingga detil restorannya sangat diperhatikan.

Untuk menu yang sebaiknya Anda coba adalah sup Dame Alice, Beef Wellington dan Meat Pie yang dijamin endesss rasanya. Daging steak yang ditawarkan juga lumer di mulut apalagi dipadukan dengan saus yang memanjakan lidah.

Update: sekarang sudah tutup

  1. Lumiere

Restoran nuansa Eropa yang satu ini memang cukup sering diperbincangkan, pasalnya Lumiere mengusung konsep persilangan antara restoran dengan galeri seni hasil karya para seniman lokal maupun mancanegara.

Dengan desain gaya rustic yang dominan dari bahan material besi dan kayu, menjadikan restoran ala Perancis ini sangat asyik jika menjadi destinasi tempat makan sekaligus melihat koleksi galeri yang ada di dalamnya.

Kalo kesini makanan yang menjadi rekomendasi adalah Filet mignon, chicke cordon blue dan escargot untuk memuaskan selera perut anda.

Berencana datang ke Lumiere? Silahkan sambangi langsung ke Jln. Purnawarman No: 48.

Update: sekarang sudah tutup

  1. The Peak Resort Dining

Untuk restoran yang satu ini bisa dikatakan the best nya dalam hal memanjakan mata pengunjung yang datang. Karena terletak di daerah pegunungan Bandung yang tentunya pemandangan indah nan alami bakal dapet banget di tempat ini.

The Peak Restoran Dining ini juga salah satu fine dining restoran yang cukup terkenal di kota Bandung dengan fasilitas diantaranya Sky private bagi mereka pasangan yang mau makan malam romantis.

Bagi anda yang mau menjajl menunya bisa memesan salah satu menu favorit yakni steak wagyu tenderloin yang rasanya lezat dengan pilihan menu pendamping lain seperti pasta dan aneka bakaran lainnya yang berasal dari daging.

Walaupun target pasarnya dari kalangan tertentu, The Peak Resort Dining sudah memiliki pelanggan setia, apalagi mereka sering mengadakan sesi wine dinner dengan kolaborasi bersama para produsen wine, sehingga koleksi wine disini terbilang paling lengkap.

Mau datang menikmati suasana dan citarasa makanannya? Yuk sambangi saja di Jalan Desa Karyawangi, Ciwaruga Km. 6,8 No: 388. Info lebih lanjut silahkan ke website nya di Thepeakresortdining.com.

Restoran Perancis Paling Top di Jakarta

Ngomongin mengenai restoran Perancis pastinya orang-orang yang familiar dengan masakan asli negara tersebut akan membayangkan dengan cara dan bentuk penyajian masakannya yang bakal menggugah selera ditambah dengan citarasa yang yang memang nendang banget.

Nah, pada kesempatan kali ini saya mau berbagi informasi mengenai restoran khas Perancis yang layak dicoba, selain karena rasa makanannya juga suasana yang benar-benar serasa berada di negara yang populer dengan menara Eiffel nya.

Berikut ini rekomendasi Restoran di kota Jakarta yang membuat suasana berasa di Perancis

  1. Le Quartier

Tempat makan yang satu ini dijamin akan membuat orang yang makan di dalamnya masuk ke dalam romantisme kota Paris yang syahdu. Terletak di Jalan Gunawarman Jakarta, Anda bisa mencoba Pizza sebagai makanan yang wajib dicoba.

  1. Bistro Baron

Dengan desain interior yang elegan dan klasikan menjadikan restoran ini salah satu tempat tujuan rekomendasi. Kalo bertandang kesini berikut ini makanan favorit ayang bisa dipilih, truffle fries, croque monsieur, hot chocolate dan croissant chocolate yang rasanya enak banget.

  1. Lyon Restaurant

Restoran ala Prancis yang satu ini bisa Anda temukan di hotel Mandarin Oriental dengan memiliki interior khas yang klasik tempat ini menyediakan buffet yang menarik menunya, seperti roasted chicken & beef, salad, beef tartar, tapas, cheese hingga dessert dengan penyajian bentuk dan plating yang sangat menawan.

Kalo masalah rasa sih, tak perlu ragu lagi karena tempat seperti ini memang mengedepankan kualitas citarasa dalam setiap makanannya.

  1. Emilie French

Restoran yang satu ini paling direkomendasikan untuk membeli steaknya karena memiliki tekstur daging yang juicy, empuk dan tentu saja bercitarasa tinggi. Terletak di bilangan Kebayoran, Anda bisa menyiapkan dana mulai Rp 550ribu agar dapat menyantap setiap makanan lezat di Emilie French.

  1. Amuz

amuz french restaurant

Sebagai salah satu restoran yang memilih lokasi di SCBD, jalan Sudirman tentunya setiap orang tahu bahwa makan di tempat ini butuh merogoh kocek agak dalam namun hal tersebut sepadan dengan kualitas rasa dan bentuk dari menu-menu yang ditawarkan, sangat enak!

Silahkan cobalah pesan steak wagyu nya yang diberi topping keju membuat lidah Anda akan bergetar saking nikmatnya!

  1. Avec Moi

Kalo restoran khas Perancis yang ini sangat terkenal dengan menu salmon norway & escragot nya karena memang memiliki porsi yang mengenangkan, dengan rerata harga mulai dari Rp 350rb, Anda bisa bersantap ria disini berdua dengan anggota keluarga, sahabat atau pasangan.

Carilah di depan Grand Indonesia, karena letak restoran Avenc Moi berada di kawasan daerah tersebut.

  1. Pardon My French

Resto yang berlokasi di daerah Menteng ini tak hanya desain interiror nya yang catik dan elegan, namun desain eksteriror tak luput dari sentuhan klasik ala Perancis. Untuk makanannya pun sangat lezat dan nikmat, dengan menu Contemporary French Food menjadikan nya salah satu tujuan restoran yang sebaiknya Anda coba!

  1. Potato Head

Kalo Anda termasuk tipe yang tidak ingin tergesa-gesa karena harus bergantian dengna pengunjung lainnya di Potato Head ini tempat ideal untuk Anda sambangi. Selain itu, pelayanan nya juga ramah dan menyenangkan.

Terlebih bagi Anda yang suka menu salad sayuran yang segar, cheese burger yang kejunya nendang dan beef tenderloin yang memiliki tekstur daging empuk nan lezat, silahkan coba tempat ini!

Itulah tadi 8 restoran spesial rekmendasi untuk Anda yang suka banget makan di restoran ala Perancis dengan suasana dan menu makanan yang khas di kota Jakarta. Next time saya akan bahas resto Eropa di kota Bandung ya!